Senin, 18 Februari 2013

Cara Mudah Membuat Dual Boot (Windows XP & Debian 6)

Sedikit penjelasan tentang dual boot. Dual boot adalah istilah komputer yang memiliki beberapa sistem operasi sekaligus dalam sebuah komputer. Dual Boot disebut juga dengan multiple boot.

Salah satu alasan orang mengapa dual boot adalah rasa tidak tega atau tidak ikhlas untuk menghapus sistem operasi yang sebelumnya. Selain itu, juga karena ada beberapa aplikasi yang belum ditemukan penggantinya di sistem operasi Linux, dan menjalankan aplikasi tersebut di sistem operasi windows adalah jalan keluar yang masuk akal untuk kondisi tersebut.

Apabila komputer masih baru dan harddisk masih kosong, langkah-langkah untuk mempersiapkan Dualboot (Windows XP & Debian) adalah sebabagai berikut: 
  1.       Installah Windows xp terlebih dahulu  (jika belum tahu cara install Windows xp klik disini). Dengan CATATAN jangan gunakan semua kapasitas harddisk, sisakan sekitar 50% dari total harddisk untuk Linux Debian 6.
    2.      Installah Linux Debian 6. Dengan CATATAN jangan hapus partisi drive C dan D Windows xp. Di Linux,  drive C Windows XP terbaca sebagai sda1 dan drive D terbaca sda5.
    3.      Kemudian buatlah partisi Debian 6 baru di ruang kosong
    4.      Beri ukuran sekitar 5GB hingga 10GB (sda6) untuk digunakan sebagai root system dari Linux. Jenis filesystemnya bisa digunakan ext3 atau reiserfs.
    5.      Beri ukuran untuk SWAP (sda7), biasanya partisi SWAP 2x kapasitas dari RAM. contoh apabila ram 512MB maka beri partisi SWAP 1GB.
    6.      Untuk kapasitas sisanya cukup gunakan saja untuk digunakan sebagai partisi home
    7.      Kemudian ikuti langkah installnya sampai selesai.(jika belum tahu cara install debian klik disini)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews