Jumat, 12 Januari 2018

Konfigurasi NTP Server pada Debian 5 #REKRUTMENSISJARGEN8 #SISJARLAB

NTP atau Network Time Protocol adalah sebuah protocol yang digunakan untuk membuat beberapa komputer atau perangkat jaringan yang berada dalam sebuah jaringan yang sama dapat memiliki waktu (tanggal dan jam) yang sama diantara satu dengan yang lain.

NTP server sangat berfungsi bagi sebuah perusahaan, lembaga pemerintahan, sekolah, atau institusi apapun yang membutuhkan setiap perangkat mereka memiliki waktu yang sama atau tersinkron antara satu dengan yang lain.

Terlebih lagi jika sebuah institusi dengan skala yang besar, NTP server sangat membantu seorang System Administrator. Dengan adanya NTP server, seorang System Administrator tidak perlu mengatur waktu satu persatu pada masing-masing perangkat.

Dalam proses kerjanya mengirim dan menerima data untuk menyinkronkan waktu, NTP server menggunakan User Datagram Protocol (UDP) dan berjalan pada port 123. NTP (Network Time Protocol) dirancang oleh David L. Mills. Sejak pengoperasiannya sebelum tahun 1985, NTP adalah salah satu protocol tertua yang masih digunakan sampai saat ini.

NTP (Network Time Protocol) biasanya digunakan dalam topologi jaringan dengan arsitektur client-server, dimana pada server berjalan NTP server yang telah diinstal dan waktunya telah dikonfigurasi sesuai yang diinginkan, sedangkan client hanya perlu menyinkronkan waktu dari server tersebut.
Meskipun demikian, NTP juga bisa berjalan pada jaringan dengan arsitektur peer to peer dimana pada waktu masing-masing perangkat akan dipertimbangkan untuk menjadi sumber pengaturan waktu yang akan digunakan.

Konfigurasi NTP Server pada Debian 5:
1. Mount DVD 2 debian 5. Ketikkan perintah #apt-cdrom add kemudian enter, masukkan DVD 2 debian 5 lalu enter lagi.
2. Selanjutnya menginstall NTP server dengan cara ketikkan perintah #apt-get install ntp ntpdate lalu klik enter, kemudian ketik y lalu enter.

3. Tekan ctrl + w, lalu ketikkan kata kunci iburst. Beri tanda pagar (#) di depan tulisan server 1, server 2, server 3, sehingga menjadi seperti berikut. 

#server id.pool.ntp.org iburst dynamic 

#server 1.debian.pool.ntp.org iburst dynamic  

#server 2.debian.pool.ntp.org iburst dynamic
#server 3.debian.pool.ntp.org iburst dynamic



4. Lalu tekan lagi ctrl + w dan cari kata kunci 123.0. Akan ketemu baris restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255 notrust. Tambahkan script sehingga menjadi seperti di bawah ini.



#restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255 notrust
 restrict 192.168.12.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap 
 

kemudian simpan dengan tekang ctrl+x, tekan y lalu enter

5. Restart NTP server dengan cara /etc/init.d/ntp restart

referensi:
http://www.sudoway.id/2017/02/install-dan-konfigurasi-ntp-server-di-debian-8.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews