Jumat, 12 Januari 2018

Konfigurasi FTP Server di Debian 5 #REKRUTMENSISJARGEN8 #SISJARLAB

FTP atau File Transfer Protocol adalah sebuah protokol internet untuk melakukan pengiriman file antar komputer melalui media jaringan. FTP adalah salah satu protokol paling tua yang ada dan masih digunakan sampai saat ini.

FTP server digunakan pada topologi jaringan dengan arsitektur client-server. Dimana sebuah komputer yang dijadikan server terinstall aplikasi FTP server sebagai penyedia layanan, dan komputer-komputer lain akan bertindak sebagai client atau pengguna yang akan menggunakan layanan FTP server tersebut.

FTP pada proses kerjanya dalam melakukan komunikasi data berjalan pada port 21 dan menggunakan protokol TCP (Transmission Control Protocol).  Ada dua metode yang dapat diterapkan dalam untuk FTP Server, yaitu User Authentication Login dan Anonymous Login.

User Authentication Login adalah metode yang membuat seseorang pengguna yang ingin mengakses sebuah FTP server harus memiliki username dan password. Dengan metode ini seorang pengguna yang tidak memiliki username dan password tidak dapat mengakses atau membuka FTP Server.

Sedangkan metode Anonymous Login adalah sebuah metode yang memungkinkan orang-orang dapat mengakses FTP server tersebut secara anonim tanpa harus memiliki username dan password.

1. Install aplikasi Proftpd dengan cara #apt-get install proftpd 
2. Kemudian muncul Pop up pilih Standalone mode 
3. Kemudian edit file proftpd.conf dengan cara menghilangkan tanda pagar (#) mulai  dari <Anonymous ~ftp> sampai dengan </Anonympus> 



Lalu simpan dengan tekang ctrl+x, tekan y lalu enter
4. Restart dengan cara #/etc/init.d/proftpd restart

referensi:
http://www.sudoway.id/2017/03/install-dan-konfigurasi-ftp-server-di-debian-8.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews