Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Hi semua,
kali ini saya akan mencoba Review Wireless Mouse Logitech M238
(biar kelihatan kayak orang-orang di internet).
Sebenernya saya gak tau caranya review,
karena kebanyakan saya taunya review
itu video di YouTube. Tapi kali ini saya mencoba review dalam kata-kata gak
jelas. Berikut review mouse
sekalian review belanja online di
JD.id.
Pada
suatu hari seorang pemuda (baca: saya) sedang surfing (berselancar) di internet.
Kemudian ia iseng membuka online market untuk mencari promo. Setelah
membuka beberapa online market semacam bukalapak.com, tokopedia.com, olx.co.id
dll tapi saat itu tidak promo yang menarik tapi saat ia membuka online market
yang menurutnya baru diketahuinya beberapa waktu sebelumnya yaitu JD.id. Saat
itu ia beruntung ada promo yang menarik perhatiannya yaitu sebuah wireless
mouse Logitech M238 dengan total harga akhir setelah diskon Rp. 139.000 ongkirnya gratis pula.
Setelah membandingkan harga di berbagai online market lainnya yang masih
berkisar 170.000an, bahkan di website resmi
logitech Rp. 299.000 akhirnya si pemuda tersebut membeli mouse tersebut.
Setelah
berhasil melakukan proses pembayaran via transfer bank, ternyata status pesanan
di JD.id masih menunggu pembayaran padahal sudah pemuda membayarnya. Akhirnya
pemuda tersebut menghubungi customer service (selanjutnya disingkat cs) dan
baru mendapat balasan keesokan harinya disuruh konfirmasi lewat email bukti
transfer. Setelah proses pembayaran berhasil, status pesanan berubah jadi
menunggu pengiriman. 1 sampai 2 hari statusnya belum berubah, setelah pemuda tersebut
cek ternyata barang yang dibeli itu pre-sale
karena stoknya habis. Setelah stok ada status pengiriman berubah jadi telah
dikirim perkiraan sampai 3-5 hari setelah pemesanan. Setelah menunggu 5 hari
ternyata belum sampai, akhirnya pemuda tersebut menghubungi cs lagi dan cs
menjawab dengan ramah bahwa barang sudah dikirim melalui ekspedisi RPX dan
pemuda diberikan no resi untuk melacak posisi barang. Akhirnya barang baru
sampai 7 hari setelah pemesanan (agak molor karena barang pre-sale).
Setelah
barang sampai, pemuda itu sangat bahagia sekali. Setelah paketan dibuka
pemuda tersebut jadi murung karena barang yang sampai tidak sesuai dengan ekspetasi.
Berikut yang membuat pemuda agak murung:
- Serial number yang di mouse berbeda dengan kemasan.
- Ada sedikit goresan, tapi tidak pengaruh dengan performa.
- Dan terakhir adalah tidak ada kartu garansi. Selain serial number yang berbeda, ini juga yang membuat pemuda berpikir bahwa bahwa barang tidak original. Karena di internet kelangkapan dalam kemasan terdapat kartu garansi.
Karena di
JD.id ada fitur layanan purna jual, yaitu semacam barang yang diterima bisa
dikembalikan dengan uang atau ditukar dengan barang yang lain *syarat dan
ketentuan berlaku.
Kemudian pemuda tersebut menghubungi cs lagi menjelaskan hal
tersebut, kemudian disuruh memberikan bukti-bukti foto. Setelah pemuda mengirim
bukti foto kemudian disuruh menunggu karena sedang koordinasi dengan tim
terkait. Sampai tulisan ini ditulis di blog ini pemuda tersebut belum
mendapatkan email balasan lagi tentang layanan purna jual. Tapi bagaimanapun juga
cs JD.id sangat ramah.
Sekian review *Lah terus
review tentang mousenya mana? Malah cerita belanja di JD.id*
Sorry berikut
review tentang mouse tersebut:
- Desain keren menarik.
- Bentuk mouse pas ditangan, enak digunakan.
- (katanya) Baterai bisa tahan sampai 12 bulan.
- Mouse agak berat karena menggunakan 1 baterai AAA.
- Kalo masalah performa gak usah meragukan Logitech, pasti tau lah.
Okay sekian yang dapat saya ceritakan, semua yang saya tulis
diatas murni pengalaman pribadi. Tidak ada maksud untuk promosi atau menjelekan
satu pihak atau lainnya. Mohon maaf apabila ada yang salah. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
UPDATE (per tanggal 13 April 2016)
Update tentang kelanjutan layanan purna jual yang kemarin, ternyata hari ini pemuda tersebut mendapat telepon dari JD.id bahwa barang dapat diganti dengan yang baru. Tapi dari pemuda tersebut tidak menginginkan penukaran karena mousenya udah dipake, jadi masalah terselesaikan.
UPDATE (per tanggal 13 April 2016)
Update tentang kelanjutan layanan purna jual yang kemarin, ternyata hari ini pemuda tersebut mendapat telepon dari JD.id bahwa barang dapat diganti dengan yang baru. Tapi dari pemuda tersebut tidak menginginkan penukaran karena mousenya udah dipake, jadi masalah terselesaikan.
2 komentar:
Sundul Gan !!!
Jamil: okay suwon gan
Posting Komentar