Pengertian Mobile Progamming
Mobile adalah perangkat yang bergerak, misalnya
telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa
jaringan. Jadi mobile programming adalah program yg di gunakan untuk perangkat
mobile. Contoh mobile programing untuk ponsel :
- J2ME , ini rasanya paling umum dan paling banyak HP yang support teknologi ini, blackberry pun masih menggunakan J2ME dengan tambahan API.
- C++ dalam symbian framework, ini khusus untuk HP dengan OS symbian.
- Flash Lite, game flash di mobile. Playernya sendiri setau saya baru ada di nokia NSeries.
- Objective C (mirip C tapi beda struktur bahasa program ) , ini untuk iphone,dan hanya bisa didevelop via OS Macintosh.
- C++ dalam Brew framework, ini untuk HP CDMA.
- C# .NET, untuk HP dengan OS Windows mobile
- Javafx mobile, masih dikit yang support, mgkn baru HP Android
Emulator
Aplikasi yang memungkinkan sebuah software dari
sebuah platform berjalan di atas platflorm lain. Emulator menjalankan kode-kode
software pada virtual machine. Sehingga software tersebut mengira bahwa Ia
sedang berjalan di atas platform aslinya.Sebagai contoh suatu program Windows
dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan piranti lunak
emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam
komputer, misalnya VMware. Contoh lain adalah program-program emulator untuk
menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa dijalankan pada
konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan
lain-lain.
WAP
Teknologi WAP (Wireless Aplication Protocol )
merupakan sebuah metode untuk menghadirkan halaman web di dalam layar Ponsel
(Telepon Seluler). Dengan begitu, maka bentuk informasi dari sebuah instansi
tidak hanya ditampilkan dengan metode Web yang hanya dapat di akses melalui
Browser, akan tetapi dapat ditampilkan dalam bentuk WAP yang dapat dilihat
dengan ponsel.
Dengan adanya dukungan GPRS dari pesawat Handphone, maka memungkinkan kita
untuk mengakses semua informasi yang disajikan dalam internet dalam bentuk WAP.
WAP dapat dibuat dengan menggabungkan pemrograman WML (Wireless Markup
Language)dengan pemrograman PHP sehingga dapat menghadirkan aplikasi WAP yang
dinamis.
Pengertian WAP
WAP adalah suatu protokol aplikasi yang memungkinkan internet dapat diakses
oleh ponsel dan perangkat wireless lainnya. Tujuan utamanya untuk membangun
aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA. WAP
membawa informasi secara online melewati internet langsung menuju ke ponsel
atau klien WAP lainnya. Dengan adanya WAP pengguna dapat menggunakan ponselnya
untuk mengakses Internet dan memperoleh fasilitas dari masing-masing telepon
genggam. Dari sekedar membuka halaman situs untuk melihat informasi, seperti
informasi berita atau kurs, cuaca, membuka e-mail, bahkan sampai melakukan
transaksi keuangan.
Ada tiga bagian utama dalam akses WAP yaitu perangkat wireless yang mendukung
WAP, WAP gateway sebagai perantara dan server sebagai sumber dokumen. Dokumen
yang berada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML khusus
ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML yang
seharusnya ditampilkan melalui web browser , sebelum dibaca melalui browser WAP
diterjemahkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan
perangkat WAP.
Software untuk Belajar WAP
Dalam belajar pemrograman WAP dengan menggunakan WML, PHP dan MySQL maka
software yang harus disiapkan adalah :
- Web Server (Apache, Appserv, Wamp, X Amp dll)Dalam hal ini akan digunakan Apache karena mudah serta banyak digunakan oleh pemula. Apache ini akan sangat berguna jika kita membuat program yang menggunakan database yaitu mysql. Untuk mengaktifkannya maka kita aktifkan apache dan pada direktori mysql/bin kita aktifkan winmysqladmin yang telah kita install.
- Web Browser ( Internet Explorer, Mozilla Firefox)Untuk mengecek apakah server berjalan dengan baik maka kita dapat mencoba menjalakannya pada IE dengan mengetikkan alamat http://localhost.
- Emulator WAP (M3Gate, Winwap)Emulator mempunyai fungsi yang sama dengan browser IE, Mozila, Opera dll.Dengan menggunakan emulator kita tidak harus mencoba program wap yang kita buat dengan handphone. Untuk belajar kita hanya cukup menggunakan browser berbentuk handphone (emulator) ini untuk menguji semua script WML yang telah kita buat. Contoh tampilan dari m3gate untuk skin Handy dan skin April.
Dasar Pemrograman WAP
WAP homepage sangat berbeda dengan HTML homepage.
Bahasa markup dokumen pada WAP adalah WML (Wireless Markup Language). WML
menggunakan tag – seperti HTML – tetapi tata penulisannya mengikuti aturan
standar XML 1.0.
WML page memiliki ekstensi *.WML, seperti halnya halaman HTML yang memiliki
ekstensi *.HTML. Walau secara umum beberapa perintah WML terlihat mirip dengan
HTML. Namun terdapat perbedaaan dalam struktur penulisan dokumen WML. Jika
sebuah dokumen HTML hanya terdiri atas dua bagian utama, yaitu header dan body,
dokumen WML mempunyai header, template (optional), dan beberapa body yang
disebut dengan cards. Susunan dokumen secara lengkap ini disebut dengan deck.
Sama seperti halnya HTML, untuk menyususun dokumen WML diperlukan kode khusus
yang dinamakan dengan tag.
WML page disebut dengan DECK. Mereka dibangun
sebagai kumpulan CARD, yang mana dihubungkan antara satu dengan yang lain
dengan link. Ketikan sebuah halaman WML diakses dari mobile phone, semua card
di dalam halaman didownload dari WAP server. Navigasi antar card dilakukan
dengan phone computer – komputer di dalam hand phone – tanpa meminta akses
tambahan ke server.
Cara Menuliskan WML
Cara Menuliskan Program WML memang agak sedikit berbeda dengan HTML. Yang
membedakan hanyalah pengenal bahwa script tersebut adalah program WML. Hal
tersebut mirip dengan program HTML yang setiap kali menuliskan scriptnya harus
menggunakan tag dan diakhiri dengan tag .
Begitu juga dengan WML untuk menuliskannya kita dapat memulainya dengan tag dan
diakhiri dengan tag . Program WML ditulis kedalam versi XML, sehingga setiap
kali menuliskan harus mendeklarasikan kedalam bentuk XML. Hal tersebut
merupakan kewajiban, apabila tidak maka Emulator atau Hand Phone tidak dapat
mengenalinya.
Sumber:
http://www.onestree.blogspot.com/2011/01/mobile-programming.html
http://timtechsolution.com/images/mobile_programming.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQDGJICuR32k3AlHUVZBGTxGbE6j7_SuBhGlOsScLw9jDodmuyBrK_FESkcVNV1IC89TPH4e4a0LyPuvBYZtxJQvOVLfk3LPO1n6aQrslO6EN2fb3sPlxEFgmhFUNyKxAcukiGnpAfe_hW/s1600/mobileprogramming.jpg
0 komentar:
Posting Komentar