Jumat, 21 September 2012

Pengertian Prosesor

Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dandapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. 

Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :

1. Aritcmatics Logical Unit (ALU) ALU adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit)adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

2. Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.

3. Memory Unit (MU) merupakan unit pendukung, dimana semua perintah yang sering digunakan oleh prosesor akan disimpan sementara di bagian ini. dengan adanya memori unit,prosesor tidak lagi memanggil perintah yang sama kebagian lain.dengan demikian, waktu yang digunakan untuk menjalankan perintah perintah dapat dipersingkat. pada prosesor modern memori unit sudah ada pada bagian prosesornya ( CORE ) dan dikenal dengan nama cache memori hal inilah yang mempengaruhi kinerja kecepatan sebuah Eksekusi.


Sumber : http://id.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews