Jumat, 08 Maret 2013

Biografi & Asal Usul Raditya Dika


Siapa sih yang ga kenal Raditya Dika ? Cowok lucu idola remaja wanita kelahiran Jakarta, 28 Desember 1984. Dia juga pemilik akun Twitter @radityadika atau manusia 5 juta Follower :D. Raditya Dika atau yang lebih akrab dipanggil Radith ini ternyata mempunyai nama asli DIKA ANGKASAPUTRA MOERWANI. Itu sengaja namanya di Bold biar semua tau nama aslinya. Tapi gimana asal usul nama si Radith hingga jadi Raditya Dika ?

Awal kisah perubahan nama ini terjadi ketika Radith kelas 4 SD. Saat itu, tanpa ada pertanda apa pun, Dia bilang ke nyokapnya, “Ma, aku pengen ganti nama.” Nyokapnya bilang, “Mau jadi apa namanya?” seolah-olah ganti nama adalah sesuatu yang lazim dilakukan oleh anak kecil. Setelah bepikir cukup lama, karena kedengerannya keren, terpilihlah nama “Raditya”. Jadi, mulai kelas 4 SD, namanya secara (tidak) resmi menjadi Raditya Dika.
Lucunya, begitu si Radith kecil mau ujian nasional kelulusan SD, radith diminta sekolah untuk menuliskan namanya. Radith menulis namanya di lembar formulir yang diberikan sekolah jadi “Raditya Dika”, bukan nama terlahir radith. Eh, ternyata sekolah engga cross-check sama akte kelahiran, jadilah nama di ijazah SD menjadi Raditya Dika.
Begonya, pas masuk SMP, pihak SMP engga ngikutin nama di akte kelahiran, tapi nama di ijazah SD. Radith terdaftar di SMP Tarakanita I sebagai Raditya Dika. Semenjak saat itu, dalam kehidupan pendidikannya, nama Dika Angkasaputra Moerwani pun berganti dengan Raditya Dika. Ijazah SMP juga memakai nama “Raditya Dika”, orang-orang mulai manggilnya “Radith”, bukannya “Dika” lagi. And so on. Pas umur 17, karena kelurahan gak ngecek, KTPnya pun namanya jadi Raditya Dika. SIM, karena ngikutin KTP, juga make nama itu.
Masalah baru timbul pas Radith mau kuliah ke luar negeri. Ketika itu, mereka meminta akte kelahirannya dan mencocokannya sama ijazah SMA. Nah lho, kok gak sama? Pasport, karena make akte kelahiran, jadi masalah. Tiket pesawat yang Radith pesen ke sana juga atas nama Raditya Dika, bukan nama terlahirRadith. Itu juga menjadi masalah. Akhirnya, pihak imigrasi membuatkannya nama alias. Jadinya, di halaman kedua pasport Radith ada tulisan: “The bearer of this passport is also know as Raditya Dika” yang disahkan oleh kepala imigrasi. Heboh. Radith berasa agen rahasia di negara-negara bule yang punya nama alias.(*)

Itulah asal usul kenapa namanya berubah jadi Raditya Dika. Radith adalah Comic (Stand Up Comedian) sebutan untuk orang yang stand up comedy. Bagi yang ga tau apa itu Stand Up Comedy silakan Googling :D. Yang mau lihat gimana aksi Radith silakan lihat di Youtube.
Selain seorang Comic Radith juga terkenal seorang penulis buku-buku jenaka. Radith memulai karir sebagai penulis melalui blog pribadinya www.kambingjantan.com yang sekarang menjadi www.radityadika.com kemudian tulisan diblog dibukukan.
Buku pertamanya yang mengangkat dirinya berjudul Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh diterbitkan tahun 2005. Buku ini menceritakan kehidupan Radith ketika masih berkuliah di Adelaide, Australia. Cerita yang dibawakan Radith adalah kisah-kisahnya sebagai pelajar Indonesia yang berkuliah di luar negeri. Buku ini ditampilkan dalam format diary (buku harian).
Buku keduanya berjudul Cinta Brontosaurus, diterbitkan pada tahun 2006. Hampir sama dengan buku sebelumnya, cerita-cerita dalam buku ini berasal dari kisah keseharian Radith. Namun, buku kedua ini menggunakan format cerita pendek (cerpen) yang bercerita mengenai pengalaman cinta Radith yang sepertinya selalu tidak beruntung. Isi dari buku ini meliputi kisah dari sewaktu Radith mengirim surat cinta pertama ke temannya saat SD, hingga pengalaman Radith memerhatikan kucing Persia-nya yang jatuh cinta dengan kucing kampung tetangganya.
Buku ketiganya yang berjudul Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa terbit pada tanggal 29 Agustus 2007. Buku ketiga ini mengisahkan Radith yang pernah menjadi badut Monas dalam sehari, mengajar bimbingan belajar, lalu saat Radith dikira hantu penunggu WC, sampai cerita mengenai kutukan orang NTB. Sementara, buku keempatnya berjudul Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang terbit pada bulan April 2008.
Buku kelimanya berjudul Marmut Merah Jambu diterbitkan pada tahun 2010. Masih berkonsepkan cerita komedi yang ditulis berdasarkan kisah sang penulis seperti dalam buku-buku sebelumnya. Garis besar buku ini menceritakan kisah asmara penulis maupun orang terdekatnya, termasuk saat menjalin kasih dengan penyanyi Indonesia, Sherina Munaf. Buku ini berisi 222 halaman.
Buku keenam berjudul Manusia Setengah Salmon yang diterbitkan pada tahun 2011. Berkonsepkan cerita komedi yang ditulis berdasarkan kisah sang penulis seperti dalam buku-buku sebelumnya. Buku ini berisi 264 halaman.
Radith sukses menjadi penulis dengan keluar dari arus utama (mainstream). Ia tampil dengan genre baru yang segar. Yang membuat ia berbeda dari penulis lain adalah ide nama binatang yang selalu ia pakai dalam setap bukunya. Dari buku pertama hingga terbaru, semua judulnya mengandung nama binatang. Bagi Radith, ini adalah selling point-nya.
Radith selain jadi comic dan penulis buku, Ia juga aktif di bidang perfilman dan pertelevisian Indonesia. Radith pernah menjadi aktor di film Kambing Jantan The Movie. Menurut sumber yang ga jelas (ga jelas kayak radith) dia juga jadi Sutradara di acara Malam Minggu Miko.  Dia juga jadi Juri di acara Stand Up Comedy Indonesia.
Radith kini meneruskan studinya di program ekstensi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Indonesia. Selain itu, kini ia berkarier di penerbit buku Bukune, Radith bertindak sebagai direktur dan juga pemimpin redaksi. Tepat pada hari ulang tahunnya Radith merayakannya bersama ratusan penggemarnya RDL (Raditya Dika Lovers) di Taman Mini Indonesia Indah.
Riwayat Pendidikan :
·      SD (entah ga tau nama SD)
·      SMP Tarakanita I
·      SMA 70 Jakarta
·      Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (katanya dulu pernah kuliah di Australia tapi ga tau apa nama Universitasnya :D)
Karya Tulis
1. Buku
·      2005 - Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh
·      2006 - Cinta Brontosaurus
·      2007 - Radikus Makan kakus: Bukan Binatang Biasa
·      2008 - Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang
·      2010 - Marmut Merah Jambu
·      2011 - Manusia Setengah Salmon
2. Komik (bersama Dio Rudiman)
·      2008 - Komik Kambing Jantan
·      2011 - Komik Kambing Jantan 2
Filmografi
1. Pemeran
-> Kambing Jantan: The Movie (2009)
-> Cinta Bruntosaurus (2013)
-> Cinta Dalam Kardus : Miko (2013)
2. Penulis skenario
-> Maling Kutang (2009)
3. Acara TV
-> Malam Minggu Miko (Kompas TV)
-> Malam Minggu Miko 2 (Kompas TV)
-> Juri Stand Up Comedy Indonesia (Kompas TV)
Sekian Biografi dan Asal Usul Raditya Dika. Mohon maaf apabila ada kata yang menyinggung perasaan pembaca.

Sumber Artikel :
(*) 

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews